Mama



di dunia ini tidak satupun orang yang bisa menerima aku sebaik ibuku, ibuku itu seperti nyawaku, saat ibuku meninggal aku juga hampir mati, aku benar-benar sedih dan tidak ada kata yang bisa menggambarkan bagaimana sedihnya aku selain tangisan.

bahkan di hari ke 53 sejak kematian ibuku aku masih sering tiba-tiba nangis kalau keinget ibuku..

setiap hari dijalan pas mau berangkat kerja aku pasti nangis, dan rasanya sakit banget kalau inget ibuku udah nggak ada, apalagi pas aku pulang kerja, aku sadar kalau dirumah nggak ada ibu. dan yang paling sedih adalah ketika aku sadar kalau aku tidak bisa menemukan ibuku dimanapun.

dirumah emang sengaja nggak aku pindah apapun yang berhubungan dengan ibu, misal kamar ibu, di kaca lemari ibu masih ada sisa percikan betadin yang dulu pernah dipake ibuku kalo ibu bersihin luka di payudaranya.
dulu kalau bersihin luka pasti ibuku panggil aku, soalnya cuma aku yang berani lihat darah, dan aku yang paling cekatan, pakein baju juga aku, sisirin rambut ibu juga aku pokoknya semuanya aku, aku yang ngurusin ibu dari mau tidur sampe mau tidur..

aku inget dulu dirumah, kan dulu aku belum dapet kerja, aku nggak tau juga kenapa aku nggak dapet kerja, mungkin allah emang sengaja biar aku punya banyak kenangan dengan ibuku..terimakasih ya allah. 

tp pas waktu itu aku juga keterima kerja di 3 tempat, cuma aku nggak betah, selain itu aku nggak bisa ninggalin ibuku dirumah sendiri, soalnya kan emang kita keluarga sederhana jadi harus ngurusin rumah sendiri, ibuku kalau kecapekan dikit aja badannya  langsung panas, efek kankernya mungkin,.

dulu pagi2 tiap ibuku sholat subuh pasti pintu kamarku dibuka sama ibu, biar aku bangun, tp ya begitulah aku, kalau ibuku belum selesai sholat ya nggak mau beranjak dari tempat tidur.

dan alhasil aku bangun sekitar jam 5.15, trus sholat, trus ngurusin dapur..masak air, buatin ibuku jus apel, sm jus wortel atau tomat, sama kalo masih biasanya bikinin wedang gula aren..abis itu nyuci piring, nyuci baju, nyapu rumah setelah itu mandi. aku  mandinya setelah ibuku mandi, tp ibuku mandinya pake air panas jadi aku harus masakin air dulu..setelah itu baru aku mandi, pas aku mandi ibuku beli sayur, tp tukang sayurnya dateng kerumah kok, nggak pergi kemana-mana ibuku. setelah mandi aku bantuin masak ibuku, tepatnya ibuku pelaksana utama masak, aku cm bantuin nyuci piring atau apa gitu yang berat. hahaha..biasalah nggak bisa masak..sebenarnya kalau aku mau bisa aja aku belajar, cuma aku belum punya kemauan buat belajar.hehehe

lanjut lagi...

kalo aq lg bersih-bersih rumah, ibuku pasti dikamar baca alma'surat/dzikir pagi, trus kalo udah selesai baca ibuku beli bubur di tetanggaku. kadang ibuku suka bantuin nyapu tp aku marahin, abisnya nyari perkara aja ibuku tu, kalo kecapekan trus sakit gimana coba..hhhhhmm

kalo lagi nggak ada acara ke warnet ngirim lamaran atau ada panggilan interview aku jarang banget pergi. dirumah ya cuma gitu gitu doang, ngobrol sm ibuku, menjaga kerapian rumah, soalnya ibuku itu orangnya bersih, jadi tiap ada yang kotor atau belum dikerjain gitu pasti dia mau tanganin sendiri, padahal kan dia nggak boleh kecapekan.

Kalau udah masuk waktu sholat ibuku pasti langsung ambil air wudhu dan aku pasti dimarahin kalau sampai mengulur-ulur waktu sholat. Kalau aku mau pergi gitu dan aku pake kerudung kecil/baju yang agak ketat  juga pasti dimarahin, pasti disuruh ganti, tp aku tetep ngeyel..hehe
Bukan apa-apa, aku Cuma malu aja,kaya belum siap juga gitu..aku juga malu ibuku lebih tau agama dari pada aku, padahal aku lulusan pesantren 2 tempat lho..hahaha..memalukan. 

Setelah magrib aku sama ibuku sama bapakku biasanya makan sambil nonton tv di ruang TV, nonton boy..biasa hahaha...setelah itu sholat isya dan nonton tv lagi paling 15 menitan trus ibuku ke kamar baca dzikir petang, aku masih nonton tv sm bapak. Setelah itu jam setengah sembilanan aku mau gosok gigi, pasti ibuku udah ketiduran sambil baca bukunya, aku pakein handbody ibu sambil ibu tidur, tp ibuku langsung kaget trus kebangun, aku kasih selimut trus tidur lagi deh..

Ibuku nggak pernah nyenyak tidurnya, paling tidur berapa jam trus bangun, kanker itu emang jahat ya..kenapa kamu harus nyerang ibuku, kenapa yang ngerasain sakit harus ibuku, kenapa nggak aku aja.


Pas ibuku sakit dan masih bisa ngomong terakhir kalinya kemarin aku sempet bilang ke ibuku “coba aku bisa bantu nanggung sakit yang ibu rasain” trus ibuku bilang “nggak..aku nggak akan izinin km sakit, biar ibu aja” gitu katanya..aku denger kata iu dari ibuku, aku hampir nangis..tp aku tahan,,aku malu kalau sampe aku nangis didepan ibuku..hehehe..

Aku tu malu kalau sampe perasaan ku sampe ketahuan ibu, aku malu kalau ibuku sampai tahu seberapa besar cintaku ke dia..

Waktu itu tahun 2015, aku masih kerja di klaten, pas pulang kerja jam 18.00 wib, aku lihat lampu kamarku masih mati, udah bisa ditebak, kalau lampu kamarku masih mati padahal pintu rumah kebuka pasti ibuku lagi sakit lagi. 
Waktu itu aku marah sama ibuku, aku pasang muka cemberut, aku nggak masuk kekamarnya. Sampai kakak2ku pada pulang kerumah masing-masing dan tinggal aku sama ibu sama bapak dirumah, waktu itu aku mau gosok gigi, ibuku lihat aku, aku dengan muka marah aku lewat aja tanpa senyum didepan kamar ibuku, ibuku bilang ke aku “kok kwe ora nyedak mama nduk(kok kamu nggak mau liat mama nak)”, hatiku seperti ditusuk pake pisau yang sangat tajam,
Aku bilang aku sayang sama ibu kenapa ibuku sampe bisa mikir gitu
Pas ibuku bilang gitu dalam hatiku bilang “kenapa mama jahat sama aku, kenapa mama mau meninggal, kenapa mama mau ninggalin aku, emang aku salah apa”

Seperti biasa, aku nahan air mata dan mulai pasang muka nggak bersalah, trus aku masuk ke kamar ibuku, aku bilang, mau diambilin apa ma, minum? Makan?
Tp ibuku nggak mau, trus aku gosok sambil nangis..

aku selalu sedih lihat ibuku nahan sakit, dan aku nggak bisa ngelakuin apa-apa, sampe kemarin ibuku masuk rumah sakit pun aku nggak bisa ngelakuin apa-apa buat nyembuhin ibuku, aku Cuma bisa ngerawat ibuku doang

3 bulan ibuku berbaring di tempat tidur, pertama tangan kanan sama kaki kiri yang nggak bisa gerak, trus kaki kiri, tangan kiri, trus kaya kehilangan penglihatannya, kalo pendengarannya aku nggak tau masih berfungsi atau enggak, baru abis itu meninggal..

Kejadian sebelum ibuku masuk RS, pagi itu aku bangun tidur trus sholat.. pas sholat ibuku manggil-manggil aku tp kan aku nggak jawab, trus aku dateng ke kamar ibuku dengan muka masam, aku inget banget waktu itu aku suapin ibuku dengan muka marah, maafin aku ma, aku waktu itu marah karna mama panggil2 terus padahal kan aku lg sholat (tp mamaku taunya aku dikamar lagi tidur).
Abis suapin ibuku aku ngelakuin aktivitas kaya biasa, dan jam 9 ibuku diajak ke RS, di RS ibuku udah disuruh opname tp nggak mau. Trus pulang mampir ke warung buat jajan, trus tiduran lg, aku ambilin makan, sama aku kupasin pepaya buat ibuku, trus jam 4an ibuku bangun ngumpul sm anak2nya sama cucu-cucunya..
Jam 5 ibuku bilang mau gosok gigi, wudhu trus sholat, pas gosok gigi itu ibuku udah panggil2 aku,  trus aku samperin, katanya badannya nggak kuat dingin jadi dia nggak jadi wudhu, trus aku bilang “nggak papa” gitu,

Aku pakein mukenabuat ibu dan aku bilang mau mandi trus sholat gt, trus ibuku aku tinggalin. Aq mandi cepet banget, 2 menit paling, aku lari2 liat ibuku ke kamar, ohh ternyata nggak ada suara, aman berarti aku bilang gitu, 
Nah pas aku mau ganti baju, baru aku denger kaya ibuku susah nafas gt, aku langsung lari ke kamar ibuku, aku coba dudukin ibuku, karna kan kalo orang susah nafas sebaiknya posisinya agak didudukin..(ini teoriku sindiri sih, hehe)..tp kan aku nggak kuat, aku teriak panggil bapak, trus bapak panggil kakak2ku yang lain..sampai akhirnya kakakku yang no 3 dateng, kita langsung ke rumah sakit, untung langsung dikasih oksigen di UGD..abis itu dapet kamar..udah masuk kamar ibuku udah nggak bisa gerakin tangan kanan sama kaki kanannya.

Tiap hari aku jaga ibuku, aku rawat dia, aku marah sama allah kenapa allah jahat banget sm ibuku, sangking aku nggak tau harus berbuat apa..

Perkembangannya ya begitu tadi, kaya yang aku tulis diatas, makin memburuk aja, namanya juga kanker payudara stadium lanjut..udah sampai otak, jantung, paru-paru huhuhu

Sehari aku bisa cium ibuku sampai ratusan kali, kebayang kan betapa cinta nya aku ke ibuku, 

Aku paling benci tiap saatnya ganti selang untuk makan sama selang untuk pipis, aku lihat ekspresi wajah ibuku sangat kesakitan pas diganti, bayangin aja kita dimasukin selang lewat hidung sampai tembus ke lambung gimana rasanya, gimana bencinya aku sama keadaan waktu itu, liat ibuku tersakiti kaya gitu..belum lagi selang buat pipisnya..

Aku emang percaya kalo allah udah punya rencana sendiri waktu itu tapi kenapa ya jahat banget gitu ke ibuku, aku selalu bilang ke ibuku, “ma, nggak papa ya sakit didunia sebentar, tp besok kan mama di akherat langsung masuk surga, asal mama ikhlas ”

Aku bisa didepan ibuku bilang kaya gitu, padahal dibelakang ibuku aku marah sama allah..

Aku sampai ancam allah, aku mau keluar dari islam kalo nggak segera menyudahi kesakitan ibuku. Aku kalut banget waktu itu..tp aku sadar kalau perbuatanku itu salah..jadi maaf ya ya allah ya..huhhuhuhu..sekarang ibuku udah bersamaMu ya allah, tolong jaga ibuku 1 milyar kali lebih baik dari pada aku jaga ibuku ya. Ampuni semua dosanya, beri makan yang enak (soalnya pas didunia ibuku bener2 diet makanan enak karna kankernya itu), jangan sampai ibuku kedingian atau kepanasan, atau digigit nyamuk atau apapun, bahagiakan ibuku ya ya allah..aku sangat mencintainya, semoga engkau jauh lebih mencintainya dari pada aku.


Terusin cerita ya...

Sampai akhirnya tanggal  12 September 2016, paginya kan hari kurban tuh..ibuku meninggal jam 21.30 an..
Aku nggak  cerita tentang apa yang aku omongin ke ibuku ya, soalnya aku udah lupa.hehe

Waktu itu pas magrib kan aku mau sholat, aku lihat ada kaya bayangan putih duduk dikursi, tp aku kan positif thinking ya, jadi aku cuek aja..
Abis sholat aku mau ganti sprei di tempat tidur ibuku, nah pas itu ibuku kaya yang sesak napas gitu jadi nggak jadi aku ganti, tp udah dapet setengah sih ngantinya.
Trus aku minta bantuan supaya ibuku posisi tidurnya agak ditegakin. Ya alhamdulilah lah agak tenang nafasnya..trus dipakein oksigen lagi, emang udah nggak ada suara kaya orang kesusahan nafasnya, tapi aku kan paham banget ya ibuku, aku bilang ke kakakku “mbak kok makin parah ya sesak napasnya”, tapi kata kakakku “itu udah mendingan dari pada tadi”. Gimana sih kakakku tuh aku bilang..

Trus aku makan didepan ibuku, aku nggak mau sedetikpun nggak ngelihat ibuku pas itu..

Abis makan aku gosok gigi sholat, aku tidur disamping ibuku, sambil peluk ibuku, pas aku peluk, kan tangan ku diperutnya, pertamanya aku lihat masih nafas, sampai aku tempelin tangan ku ke hidung ibuku, masih nafas..1x aku lihat kok kaya ibuku nafasnya lama banget, tp masih menghembuskan nafas tuh, aku tenang...nah abis itu kok ibuku nggak bernafas ya, dengan santainya aku bilang “lhoh kok mama nggak bernafas ya” gt, trus bulekku ngecek, kakaku sm bapaku ngecek beneran udah meninggal.

Aku tenang banget pas ngelepas selang makan sama pipisnya, tp abis itu baru sadar..”ibuku kok meninggal sih, kok secepat ini” gitu

Sedih banget..


Aku keinget setiap mau sholat ibu bilang ke aku “sholat yang bener, yang khusyuk, nggak ditunda-tunda, aku tu takut kalo baca buku aku takut neraka,ngeri, aku kepengen kita sekeluarga kumpul lagi disurga besok,  Cuma kita sendiri yang bisa menyelamatkan diri kita dari neraka, mama nggak bisa nolong kamu, kamu juga nggak bisa nolong mama” gitu kata ibuku.

Semenjak itu aku bertekat untuk berusaha menuruti semua kemauan ibuku,apapun yang ibuku pernah nasehatin atau pernah minta ke aku dulu insyaallah sedikit demi sedikit akan aku lakuin dan ikutin. 

Untuk ibuku di alam barzah..semoga ibu dilapangkan kuburnya, diampuni semua dosanya, diberi kebahagiaan, dan dilindungi sama allah dari fitnah kubur,tunggu kita sekeluarga sampai suatu saat nanti kita semua ketemu di padang masyar dan disurga ya ma..
I love You mama..
I love You forever
Nggak ada satupun orang yang bisa gantiin mama dihidupku




Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman kerja satu tahun jadi PTT di BPJS Kesehatan

Pengalaman kerja di PT Pilar Prima Nusantara ( J&T Express ) sebagai staf Network

Pelajaran dari Pelajaran berharga dari meme "Hanya karna kamu benar bukan berarti aku salah, kamu hanya belum pernah hidup diposisiku)