Pengalaman kerja satu tahun jadi PTT di BPJS Kesehatan

PTT BPJS Kesehatan mulai dari cara mengetahui lowongan kerja ptt bpjs kesehatan, tes masuk ptt bpjs kesehatan, wawancara ptt bpjs kesehatan, tahapan seleksi, tugas ptt bpjs kesehatan, jenjang karir, gaji ptt bpjs kesehatan hingga nasib setelah habis kontrak ptt bpjs kesehatan

Pengalaman kerja jadi PTT di BPJS Kesehatan 


pengalaman kerja di bpjs kesehatan sebagai PTT



Sebelum aku cerita soal pengalaman ku dari ngelamar kerja aku mau jelasin dulu apa posisi dan job description nya

Posisi nya sebagai : staff kepesertaan
Job description      :

1. Memberikan kelas (penjelasan tentang hak dan kewajiban pemegang kartu BPJS/ini giliran ya)
2. Input pendaftaran peserta baru baik dari bayar mandiri, karyawan swasta, PNS ataupun pensiunan
3. Menangani keluhan ataupun pertanyaan yang bersifat umum (kalau ini biasanya untuk yang udah senior, minimal 7 bulan kerja lah)
4. Filing (kalau ini pekerjaan biasalah ya, rapiin berkas2 gitu sesuai tempatnya)
5. Verifikasi berkas klaim dari FKTP ( fasilitas kesehatan tingkat pertama baik dokter umum maupun puskesmas), telepon ke peserta yang menunggak BPjS lebih dari 6 bulan (oiya kalau ini cuma buat kamu yang dipercaya untuk ngerjain tugas ini aja, soalnya nggak semua atasan percayain tugas ke semua PTT, hanya PTT tertentu saja), ok sekarang saatnya cerita.....


Waktu itu aku lulus tahun 2014 bulan juni.. Galau nggak dapet-dapet kerjaan akhirnya aku nekat kirim surat lamaran ke BPjS Klaten, Tapi pas sampe sana, sama pak satpamnya suruh kirim ke BPJS Boyolali. Yaudah aq langsung ke warnet ganti surat lamaranku (heloooo...warnet..hahahah), diganti ke BPJS Boyolali trus aku kirim via expedisi.

Waktu itu nggak sampe seminggu aq langsung ditelpon, suruh dateng buat wawancara.
Seneng banget dong waktu itu, waktu itu aku nggak tau lowongannya apa, karna pas aku kirim lamaran itu belum ada lowongan trus sorenya baru ada pengumuman lowongan itu. ternyata yang di cari itu PTT untuk kerja di BPJS Kesehatan, PTT Itu Pegawai tidak tetap.

Pas  wawancara aku bareng sama 4 orang kalo nggak 5 orang, lupa.. mereka semua dari universitas negeri.. mentalku udah down aja waktu itu, tapi aku tetep bodo amat.. ya iya lah, udah jauh-jauh dari klaten ke boyolali masak mau pulang gitu aja, Waktu itu aq di wawancarai sama para kanit sama kacab..

Baca juga : Pengalaman Kerja di PT Ekamant Indonesia kantor cabang Yogyakarta


Sebenernya waktu itu aq nggak takut sama sekali soalnya nggak tau mereka itu siapa dan jabatannya apa, aq ditanya hal umum kaya biasa sih, suruh memperkenalkan diri kelebihan dan kekurangan, trus kemudian ditanya2.. yang paling aku inget dari semua pertanyaan yang diajukan ke aku yaitu gimana kalo misalnya kamu cuma dikontrak 2 bulan kemudian di cut? Dengan PD nya aku jawab, kalau kinerja saya baik pasti ada pertimbangan juga untuk tetap mempertahankan saya, Tapi pak kacab tetep tanya lagi, kalau kinerja kamu bagus tapi tetapi kami sudah tidak bisa memperpanjang kontrak lagi gimana? Saya jawab, nggak papa pak, yang penting saya dapat pengalaman kerja di sini aku bilang.. Oiya waktu itu aku dipanggil untuk wawancaranya pertama dari pada temen2 yang lain, soalnya aku yang pertama dateng.. Dan nggak sampe 2 hari aku dikabari suruh masuk ke BPJS klaten besok senin...

Gila.. Dari jarak masukin lamaran trus di telpon buat interview dan disuruh langsung kerja nggak nyampe 2 minggu.. Udah itu aku langsung aja hari senin minggu pertama bulan november 2014 aku berangkat ke BPJS kesehatan klaten, Pas sampe sana biasalah gimana rasanya jadi pegawai baru, tapi untungnya pegawainya semua ramah kok, hari pertama aku ngelihatin pegawainya ngisi kelas, ngisi kelas itu tu kaya yang nerangin ke calon peserta apa hal dan kewajibannya pemegang kartu BPJS, trus syarat daftarnya apa aja gitu, sampe jam 10 aku disuruh masuk, disuruh ngelihatin yang input data.. Trus langsung suruh praktek.. kebayang nggak sih, 😭😭😭😭 Itu antrian peserta banyak banget dan pegawai nya baru belajar, mending mah sebulan dua bulan, nah ini baru lihat trus suruh praktek. Waktu itu ibu manager KLOK klaten langsung marah-marah, bisa-bisanya pegawai baru suruh handle klaten tanpa diajari dulu. Trus langsung deh hari selasanya aku disuruh belajar dulu ke kantor boyolali, Untung disana cuma sampe hari jum'at.. disini nggak cuma aku kan yang ngerasa nggak nyaman kalo se kantor sama bos bos? Ketemu bos tiap hari 😞😞 Yel yel..

Setelah itu aku selalu di kantor klaten dan tidak pernah kembali lagi berkantor di boyolali, kecuali untuk lembur dan acara kantor lainnya. kerja di BPJS Kesehatan mungkin sekarang dan dulu waktu jamanku agak berbeda, dulu pas jamanku kan emang orang pada banyak yang daftar, kalo sekarang mungkin nggak sebanyak dulu. iyalah, kan orangnya udah banyak yang daftar gimana sih kalau menurutku enak kok kerja di BPJS Kesehatan, cuma 5 hari kerja, ya walaupun dulu sering suruh lembur, tapi uang lembur itu ada sendiri kok, trus juga insentifnya banyak. waktu itu aja aku udah keluar dari BPJS masih dikirimi insentif.. ya alhamdulilah sih..hehehe

nggak enak nya kerja di BPJS Kesehatan sebagai Pegawai tidak tetap itu ya kontraknya..walaupun kamu udah ahli atau pinter nanganin peserta, tapi kalo udah 1 tahun ya tetep bakalan di cut juga kalau kalian masih muda dan cuma mau cari pengalaman sih ok ok aja kerja disana, kalo umur udah 23, 24 mending cari yang pasti-pasti aja. tapi mungkin peraturan dulu dan sekarang untuk PPT berbeda..aku juga nggak tau, kalau misalnya kalian udah dalam proses rekrutmen ya nggak papa tanya aja gimana sistemnya, kaya pepatah mengatakan, malu bertanya sesat dijalan, ya kalo nggak mau kesusahan nantinya, mending pas masih proses rekrutmen tanya dulu

Comments

  1. Halo mbak Rani,

    saya mau nanya mbak, kebetulan saya baru aja habis interview dan psikotest PTT KC Jakarta Barat..

    apa semua orang yang lolos PTT pasti di kontrak 1 tahun? lalu apakah setelah masa kontrak habis kita tidak bisa ada keringanan untuk menjadi karyawan tetap?

    dan maaf mbak kalo lancang, kira kira gaji yang di dapat perbulan berkisar berapa ya?

    Terimakasih banyak yaa mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya, kontraknya itu bukan 1 tahun, kalau aku dulu 2 bulan kalo kinerjanya bagus diperpanjang lagi 2 bulan atau 3 bulan sampai maksimal satu tahun

      Delete
  2. Halo rizky, saya kerja disana tahun 2014-2015, waktu itu emang maksimalnya 1 tahun, kalau ada ketentuan baru saya nggak tau rizky, soal keringanan untuk jadi karyawan tetap, nggak ada keringanan sedikitpun, kita diperlakukan sama, gajinya waktu itu Kalau untuk ukuran tinggal di klaten lebih dari cukup kok, kalau dijakarta saya nggak tau sama atau enggak

    ReplyDelete
  3. hai mbak, saya mau tanya waktu daftar untuk ptt ini butuh NPWP nggak ya?

    ReplyDelete
  4. Hai..kalau saya dulu pas daftar/kirim surat lamaran enggak pakai NPWP. Tapi pas udah diterima saya disuruh untuk nyerahin fotocopy NPWP,

    ReplyDelete
  5. Hai, aku mau tanya, itu interview nya cuma sekali? Ga ada kaya tahapan seleksi atau psikotes gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanya 1 lagi deh, posisi kamu waktu itu admin kepesertaan atau pelayanan peserta yg di frontliner?

      Delete
    2. Hai anisa, iya dulu cuma sekali aja langsung diterima, dulu interview nya langsung sama semua kepala unit dan kepala cabang, posisiku dulu staf kepesertaan, kalau di bank ya kaya frontliner gitu,

      Delete
  6. Assalammualaikum kak, saya mau nanya kalo ketrima sebagai ptt itu apa ngga bisa lgi mengajukan sebagai pegawai tetap? Apa kalo uda habis kontrak langsung di cut aja?

    ReplyDelete
  7. kalau pengalaman ku dulu maksimum jadi ptt disana ya cuma 1 tahun, setelah itu Nggak bisa jadi pegawai tetap atau diperpanjang kontrak, kecuali kalau pas ada rekrutmen pegawai tetap dan kamu lolos seluruh tahapan2 seleksinya, dulu ada temenku PTT dari kantor cabang boyolali yang lolos tes dan diterima jadi pegawai tetap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya per januari 2019 jadi ptt di jogja. Gaji 3jutaan lebih. kontrak 1 tahun. suka duka besok ak share di blog aku

      Delete
    2. Ada rekrutmen dari ptt untuk jadi pegawai tetap gak ya mas?

      Delete
    3. Nggak ada mas semua jalurnya lewat rekrutmen nasional itu,

      Delete
    4. Kak dim...boleh minta kontaknya.. Mau tanya soal ptt

      Delete
    5. Kalo kontraknya habis sbg ptt, trus ingin tetap kerja Di bpjs berati harus ikut PTT lagi ya kak? Semisal pada th berikutnya tidak ada rekruitmen PT

      Delete
  8. Hai salam kenal. Aku juga ada postingan ttg seleksi bpjs kesehatan. Bisa mampir diblogku ya https://nasabie.blogspot.com/2019/06/rekrutmen-bpjs-kesehatan-2018-tahap.html?m=1

    ReplyDelete
  9. Hallo ka mau nanya klo jd PTT bpjs kesehatan itu gajinya berapa ya ka? Dan dpt benefit apa aja selain gaji? Hehe

    ReplyDelete
  10. hallo kak mau tanya kak, aku kan ikut daftar yg ptt bulan ini kak, kalau kita udh lolos dan udah mulai kerja, kan sekarng lagi penerimaan cpns, trus pas ikut tes cpns apakah kita bisa izin? dan satu lagi kak, kalau kita lulus cpns apakah kita bisa berhenti di bpjs itu kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa izin kok, kalau aturan dulu pas aq masih kerja di BPJS, kita bisa berhenti kok walaupun masih terikat kontrak, cuma ada pinalti nya

      Delete
    2. Assalamualaikum kak, mau nanya, kira2 pinaltinya denda berupa uang kak? Kalau iyaa berupa uang kira2 berapa tu ya kak dendanya dimasa kakak kontrak kerja disana?

      Delete
    3. Ini banget kak. Aku pengen ikut PTT BPJS tapi ada kekhawatiran mempengaruhi CPNS. Mohon pencerahannya...

      Delete
  11. hallo kak mau tanya, kalau kontrak dah habis 1 tahun itu bisa diperpanjang atau tidak apa ada tes calon pegawai tetap gitu?

    ReplyDelete
  12. Hallo kak mau tanya. Kalo daftar PTT BPJS itu sebenernya kita daftar lewat website resmi bpjs nya apa lamaran langsung dikasihkan ke kantor cabang. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku dulu kirim lamaran langsung ke kantor bpjs kesehatannya

      Delete
  13. Mau nanya, kalau pengumuman hasil seleksi administrasi pttbpjs biasa nya lewat mana di umumkan....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku dulu di telpon langsung dari bpjs kesehatan kantor cabang yang aku kirimi surat lamaran

      Delete
    2. tergantung cabang kak, ini aku dapat pengumuman hasil seleksi melalui sms. ada juga cabang lain yang lewat telepon.

      Delete
    3. Aku dapat undangan tes psikotes via email tadi pagi tgl 12 Des , tgl tes nya tgl 16 Des cabang Cikarang

      Delete
  14. Mau tanya kak. Pas waktu interview itu nanti di test apa saja?

    ReplyDelete
  15. Permisi kak. Saya sangat tertarik membaca tulisan kak terkait pengalaman kakak mendaftar menjadi PTT di BPJS Kesehatan. Saya mau tanya kak, tadi kakak sebutkan kontrak maksimal 1 tahun, itupun dibagi-bagi. Semisal awal 2 bulan, kalau kinerja bagus diperpanjang lagi. Kalau semisal 2 bulan awal itu kontrak udah selesai tetapi kita tidak ingin memperpanjang, apakah boleh kak?

    ReplyDelete
  16. Kak, kalau ptt itu ijazahnya ditahan?

    ReplyDelete
  17. Kak boleh tanya ... Apakah dalam kontrak PTT itu jika keluar sblm selesai ada dendanya? Dan apa diperkenankan cuti jika status ptt? Misal untuk test diperusahaan lain. Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Mao tanya dong kk,, enakan di kantor cabang atau kantor pusat,, dan untuk ke pegawai tetap apakah ada perbedaan untuk kantor cabang dan pusatnya, terimakasih

    ReplyDelete
  19. Hallo kak mau tanya aku kan tinggal nunggu wisuda kalau mau daftar PTT nya bisa pake skl ngga kak?

    ReplyDelete
  20. gada tahap psikotest nya ya kak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman kerja di PT Pilar Prima Nusantara ( J&T Express ) sebagai staf Network

Pelajaran dari Pelajaran berharga dari meme "Hanya karna kamu benar bukan berarti aku salah, kamu hanya belum pernah hidup diposisiku)