Pengalaman mengajukan klaim JHT di BPJS Ketenagakerjaan Klaten Januari 2021

Horeee pulang kampung...
Setelah hampir 2 tahun tinggal di negara orang tentunya aku seneng banget bisa pulang dan lama disini. Jadi aku pulang tanggal 7 desember 2020 dan sampai 8 desember. Baliknya 29 atau 30 januari gitu..lupa karna emang dari maskapainya itu seenaknya ganti jadwal terbangnya.

Kalau kita aja, mau ganti tanggal keberangkatan harus bayar dendanya (namanya sih bukan denda juga ya, tapi biar gampang sebut aja denda).
Nggak adil 😂😂...tapi kita bisa apa...mau protes ya percuma ngabis2in tenaga mau protes ke siapa..

Jadi bosen banget kan dirumah..nggak ada kerjaan..cuma maen handphone terus aja YouTube an. Nggak guna banget ya hidup 😂

Nah ada ide untuk cairin JHT dari BPJS ketenagakerjaan.
Mulailah nih ngumpulin info gimana caranya claim.
Datenglah aku ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Klaten, nah disana boro-boro bisa masuk untuk claim atau tanya-tanya, sama satpamnya cuma dikasih brosur caranya claim online, di brosurnya juga nggak ketinggalan dicantumin nomor whatsapp BPJS Ketenagakerjaan klaten nya kalau misalnya ada pertanyaan(sekedar info aja ini slow respon banget ya, kamu kirim pesan sekarang mungkin minggu depan baru dibales).

Agak kecewa dong ya..udah jauh-jauh mau coba klaim malah nggak dapet apa-apa. Tapi ya itu tadi..kita bisa apa? Hahaha

Yaudah nih akhirnya aku coba buat online ya, pertamanya aku download aplikasi 
BPJSTKU dari playstore.

Aku register pake kartu BPJS Ketenagakerjaan ku dari PT Ekamant Indonesia, setelah berhasil aku klik antrian online di aplikasi BPJSTKU lalu terhubung ke link ini 


Udah lah itu coba daftar online, setelah ngumpulin semua data-data yang dibutuhin yaitu:

1. KARTU BPJSTK, 
2. KTP, 
3. KK, 
4. BUKU REKENING, 
5. SURAT PENGALAMAN KERJA, 
6. NPWP, 
7. Print dan isi FORMULIR PENGAJUAN KLAIM JHT.

Jadi itu berkasnya difoto dulu ya satu per satu buat nanti diupload.

Setelah itu dapet deh tanggal verifikasi.
Yaitu 4 januari 2021 jam 09:00-10:00 WIB.

Padahal itu daftar online nya dari tanggal 20 desember 2020.
Lama banget nggak sih..dari tanggal 20 ke tanggal 4 bulan selanjutnya..

Ini niatnya mau ngisi waktu luang berhadiah uang malah tambah bosen disuruh nunggu selama itu.. kan kesel.

Makan tidur makan tidur makan tidur, singkat cerita ini udah tanggal 4 jan 2021..ya aku seneng banget dong mau di video call sama BPJS Ketenagakerjaan..
Dari subuh udah beres-beres rumah, mandi supaya jam 9 itu semuanya udah siap..

Waktu udah menunjukkan jam 8.45 am nih, udah dong duduk didepan handphone udah cantik, waktu nunjukin 9.15 am, 
Positive thinking aja nih mungkin petugasnya lagi sibuk sama peserta lain, trus 9.30, 9.55 dan jam 10.00 am. 
Udah deh lemes nggak ada video call.

Mulai deh tu rebahan di sofa, encok juga gua duduk lebih dari 1 jam for nothing 😑😑😑😑... mulai ngecek-ngecek di Internet ternyata emang ada yang begitu..udah dapet jadwal tapi nggak ditelpon, katanya suruh ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat..


Sampai akhirnya jam setengah 12 siang ada email dari BPJS Ketenagakerjaan katanya begini:

Mohon maaf pengajuan Bapak/Ibu belum bisa kami lanjutkan, hasil verifikasi kami menunjukan pengajuan klaim belum layak saat ini.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Catatan tambahan Petugas :
TIDAK ADA KARTU PESERTA DAN VAKLARING DI BPJS KESEHATAN (UNIT TKWT)


Aku kaget dong, setelah aku baca dengan seksama, aku pikir-pikir mungkin dulu pas kerja di BPJS Kesehatan itu aku di daftarin cuma nggak tau kenapa aku nggak dapet kartunya.

Yaudah dong akhirnya aku ke BPJS Ketenagakerjaan klaten buat tanya lagi kan emang aku nggak punya kartunya trus saya harus gimana gitu..

Sampai BPJS Ketenagakerjaan klaten boro-boro lagi bisa masuk tanya ke customer service., dibilang lagi sama satpamnya 

"Mbak ini harus ngurus ke BPJS Kesehatan Boyolali soalnya kantor cabangnya disana tanya kartunya".

Yaudah bisa apa lagi saya...ini satpam satu-satunya yang bisa kasih informasi. Tapi kok ya gini banget..

Yaudah dengan kecewa pulang lagi, lalu coba untuk telpon BPJS Kesehatan boyolali. Nanyain nomor BPJS TK saya. Karna kan memang agak jauh ya kalau naik motor ke BPJS Kesehatan boyolali dari klaten. Selain karna malas saya juga takut encok dijalan nanti 😂😑. 

Karna waktu itu sudah hampir jam 3 jadi aku putusin untuk telpon BPJS Kesehatan boyolali nya besoknya supaya petugasnya nggak ngomel-ngomel. Takutnya pas aku telpon udah mau jam 3 sore nanti dia ngomong gini "ini udah mau tutup dan kamu nyuruh-nyuruh aku buat nyariin nomor BPJSTK mu, 

"kamu yang butuh kartu..aku yang disuruh nyari? "(Lhoh kok jadi kaya dodit ya ).


Keesokan harinya tgl 5 januari 2021 jam 8 pagi saya telpon BPJS Kesehatan Boyolali katanya mau dicariin dan kalau sudah saya bakal dihubungi, dan ternyata hari itu saya tunggu-tunggu tetep nggak dihubungi juga".

Karna nggak dapet kabar dari BPJS Kesehatan maka tanggal 6 januari 2021 saya pergi ke BPJS Ketenagakerjaan lagi dan saya bilang ke SATPAM nya lagi (lagi-lagi cuma bisa ketemu satpam) bisa nggak di cek kan nomor BPJS Ketenagakerjaan saya lewat sini katanya tidak bisa harus dari perusahaannya (tapi pas cek-cek di internet katanya bisa hmmm kadang info dari internet itu juga nggak bisa dijadiin pedoman ya..kamfr***t).

Pulang lagi dengan kecewa (kali ini udah agak nggak sabar ya ..marah2 sendiri 😑😑😑😑)


Sampe rumah coba telpon BPJS Kesehatan boyolali lagi tapi nggak bisa karna sinyal yang jelek.

Trus aku keinget di surat pengalaman kerja ku dari BPJS kesehatan boyolali itu ada alamat emailnya..


(Buat kamu yang butuh alamat email BPJS Kesehatan Boyolali ini aku cantumin ya, semoga BPJS Kesehatan Boyolali nggak marah deh aku cantumin alamat email mereka.amin..)

kc-boyolali@bpjs-kesehatan.go.id

Ini ya udah aku cantumin tapi jangan bilang-bilang ke mereka kalau kalian dapet alamat emailnya dari blogku ya..awas lho..I'm watching you..👀


Singkat cerita Trus aku kirim email deh..dijawab langsung nggak sampai 30 menit udah dapet itu nomor BPJSTK ku yang aku cari-cari.

Kok bisa ya kemarin aku telpon tapi seharian nyari nggak ketemu juga, nah ini aku kirim email ke email kantor langsung dibales (yaudahlah ya positive thinking aja)


Akhirnya aku bisa daftar online lagi deh, dan udah berhasil.. jadwal verifikasi ku tanggal 13 januari 2021 jam 10-11 siang.


Dannnnnnn......

Aku ditolak lagi.


Kesel bgt deh. Udah nunggu lama masih aja ditolak..mana udah hampir waktunya aku balik ke afrika selatan lagi.


Coba lihat ini....aku harus kirim email ke kantor cabang BPJS Kesehatan Boyolali lagi untuk dikoreksi data saya. Kalau ini aku nggak bisa ngusahain supaya lebih cepet karna emang yang nyari dan koreksi datanya bukan aku..

Sampai aku balik ke afrika selatan pun 30 januari 2021 urusan sama BPJS KESEHATAN untuk ganti masa kerja nya masih belum selesai..entahlah kenapa lama banget. 

(Sampai detik ini 12.16 pm 19 juni 2021, urusan ganti masa kerja yang di BPJS Kesehatan belum kelar juga, 😑)



Kritik dan saran dari saya untuk BPJS Ketenagakerjaan khususnya dan instansi lain umumnya:


Kalau keadaanya normal nggak ada corona kan seharusnya dari awal itu bisa tanya ke customer service nya dan bisa tau gitu apa yang harus dilakukan, apa saja berkas yang dibutuhkan. Kita kan nggak bisa lihat data, ya mana kita tau kalau kita didaftarkan dari perusahaan kita kalau kita nggak dapet kartu, dan lagi saya bekerja di BPJS Kesehatan kantor layanan operasional kabupaten klaten ya bukan di kantor cabang yang di boyolali (soalnya yang ngurusin kaya BPJSTK ini kantor cabang) Mana saya tau ..gitu...

Masukan aja sih buat BPJS Ketenagakerjaan..

ini menurut saya susah banget lho kalau emang nggak bisa bertatap muka langsung sama petugasnya..serius

Kita cuma bisa tanya satpam yang nggak pegang data, mungkin mereka tau apa saja persyaratan-persyaratan untuk mengajukan claim tapi kurang memuaskan juga kalau menurut saya karna seperti kasus saya..saya harus bolak-balik dan bahkan saya sendiri nggak tau saya punya Kartu BPJS Ketenagakerjaan lain selain yang ada di dompet saya. Jadi sangat buang-buang waktu. Coba aja kalau dari awal itu saya dikasih tau kalau mau daftar sini saya lihat berkasnya dulu lalu di cek lagi di aplikasinya BPJSTK. Kan saya nggak perlu bolak balik dan buang-buang wakty begini.

Ok nggak ada tatap muka antara pegawai dan peserta yang akan claim JHT nggak papa, tapi setidaknya kita bisa bicara lah ke petugas atau siapapun yang tau datanya lah setidaknya.  Kaya buat sambungan telpon dari luar kantor ke dalam kantor yang bisa bicara dengan customer service secara gratis kek, membuat tempat pelayanan didalam kaca dan hanya ada satu celah kecil untuk masuk dokumen atau apa lah kalian bisa berfikir bagaimana baiknya. Tidak seperti ini..


Ini saya yang S1 aja agak bingung lho..gimana sama mereka yang cuma lulusan SD SMP SMA...apa nggak puyeng mereka..tapi yang namanya butuh duit kan ya mereka akan tetep berusaha..tapi kalau caranya kaya gini BPJS Ketenagakerjaan ini menyiksa peserta lah kalau menurut saya...

Ini semua murni dari pengalaman saya, nggak ada yang ditambah dan dikurangi, kalau ada pihak-pihak yang tidak berkenan tolong dimaafkan (boleh comment atau kirim email ke saya langsung).

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman kerja satu tahun jadi PTT di BPJS Kesehatan

Pengalaman kerja di PT Pilar Prima Nusantara ( J&T Express ) sebagai staf Network

Pelajaran dari Pelajaran berharga dari meme "Hanya karna kamu benar bukan berarti aku salah, kamu hanya belum pernah hidup diposisiku)