Aku positif Covid-19 januari-februari 2021

COVID...


Virus Corona itu nyata. 


Jadi kalau ada yang masih sok sok an nggak takut sama virus Corona atau masih penasaran sesakit apa sih kalau kena COVID, mending ubah deh pola pikir kamu. Karna rasanya kena covid itu bener-bener sakit, dan ngerasa kaya udah mau mati.


Aku masih umur 28 tahun waktu itu dan nggak punya penyakit lain..tapi rasanya ya Allah, parah sakit banget.

Udah mah demam tinggi, badan sakit semua, dipake posisi apapun nggak enak, bernafas Susah...sampe bener-bener kaya yang "ya Allah aku udah nggak kuat, tolong aku ya Allah" gitu.


SAKIT PERTAMA = 14 HARI


Waktu itu aku demam sekitar 3 hari setelah itu batuk dan pilek sampai sekitar 11 harian, selama 11 hari pas batuk pilek ini, setiap kali aku Merasa kedinginan, pasti langsung susah nafasnya, dan untuk jalan sedikit nanjak  aja, langsung kaya ngos-ngosan (sorry nggak tau bahasa Indonesia nya ngos-ngosan apa).

Waktu itu aku udah was-was, karna emang waktu itu aku harus tes PCR lagi buat balik ke afrika selatan, jadi selama 14 hari sakit yang pertama ini aku selalu pake masker kemana-mana dan melakukan upaya lain untik mencegah supaya nggak tertular covid (wàktu itu belum tau kalau positif covid)


Hari tes PCR pun datang, waktu itu aku pergike jogja sendiri naik motor untuk tes PCR.


Waktu itu aku mau dianterin kakakku, cuma emang aku kan orangnya nggak suka ngerepotin siapapun jadi ya udah.. aku pergi naik motor sendiri,  waktu itu aku ketemu temen-temenku juga, bawain mereka kue (beli maksudnya..hehehe), pertama Aku pergi tes PCR kemudian baru aku nemuin temen2ku di rumah sakit tempat mereka kerja.


Aku PD aja waktu itu bawain makanan buat mereka karena aku nggak tau kalau aku positif covid. Kemudian setelah ketemu mereka, aku pergi ke perpustakaan kota jogja buat nunggu hasil tes nya(dari jaman kuliahAli suka banget dateng ke tempat ini karna free wifi, banyak buku, ada tempat sholatnya dan pokoknya nyaman aja gitu), karena hasilnya itu keluar di hari yang sama test ya, saya diinfo sekitar jam 3 sore hasilnya sudah keluar, jadi disana sekitar  2atau 3 jam an langsung pergi buat ambil suratnya.


Pas Masuk tempat pengambilan hasil, mereka tanya atas nama siapa..

Lalu aku sebutin namaku..

Pas itu juga perawatnya bilang "saya ambilkan sebentar tolong berdiri disana saja ya (sambil nunjuk pojokan)..


Kesel dong aku dibilang kaya begitu (dalam hati aku bilang "nggak tau tata krama atau gimana sih ini orang, tapi yaudah lah ya aku nggak bilang apa apa sama tu perawat, cuma pasang muka judes aja).

Trus aku buka deh tu surat diluar gedung..


Pas aku lihat...

Hasil tes pcr positif covid ct value dibawah 36
Hasil tes positif covid 19 rs pku muhammadiyah kota yogyakarta,  hasil tes pcr positif itu seperti apa, contoh hasil tes pcr positif covid



Kaget banget serius.

Ini sangking nggak percayanya kalau aku positif covid, aku balik lagi tanya ke perawat nyebelin itu, maksud dari surat ini apa, 

Dan di bilang "Aku positif covid, makannya tadi saya bilang berdiri disana aja", (dalam hatiku bilang "oh jadi itu alasannya kenapa aq nggak boleh deket2..karna aku positif covid")  

Kaget nya itu bener-bener kaya yang "Kok aku bisa sih  positif covid, trus aku kalau mati gimana, pokoknya tu campur aduk banget,  dan ini tes nya kan buat syarat terbang,  nah ini kalau aku positif berarti harus di reschedule dong terbangnya, trus bisa di reschedule nggak ya, 

Dan masih banyak lagi deh ..


Pas udah pulang temen-temen udah pada nanyain hasilnya gimana di grup (jadi kita punya grup yang sinyale kita ber 6)..aku nggak bisa jawab karna aku takut buat mereka khawatir atau mereka jadi takut ke aku.

Tapi setelah menata hati dan menguatkan diri sendiri akhirnya setelah 2 atau  3 jam, akhirnya aku kasih tau mereka kalau aku positif covid. 

Dan untungnya mereka nggak ngejauhin aku, mereka malah memberi dukungan dan mereka juga saranin Aku buat ngelakuin hal-hal yang bisa bikin sembuh dan ct value nya naik..


SAKIT KEDUA 7 HARI 

Di malam harinya karna aku bener-bener down dan mungkin karna belum sembuh total dan udah motoran ke jogja sendiri, aku demam lagi, dan kali ini lebih parah dari sakit yang pertama

Di sakit yang kedua kalinya ini, aku merasa Lebih sakit dari yang pertama tapi kan ct value nya udah sekitar 31 an..jadi aku  berharapnya bisa lah naikin ke 36 dalam 14 hari.

Yang aku lakuin supaya ct value naik dalam 14 hari:

1. Berjemur dibawah sinar matahari pagi.

2. Setelah udah nggak demam, aku jemurin semua kasur, selimut dan bersihin kamarku supaya semua virus nya mati.

3. Pastikan udara bisa Masuk ke dalam ruangan supaya sirkulasi udara didalam kamar jadi naik dan tidak ada virus tersisa didalam kamar. 

4. Banyak minum air putih.

5. Tidur dengan posisi tengkurap (ini aku dapat info dari mertua ku katanya kalau tidurnya tengkurap itu bisa meringankan beban kerja paru Paru.

Jadi pas sesak napaspun aku selalu tidur tengkurap karna itu bener-bener nyaman dan membuatku jadi bisa bernafas normal lagi.

6. Bernafas dengan pernafasan perut. Jadi waktu aku masih batuk batuk, aku bernafas dengan perut, Itu menurutku sih bisa ngurangin beban paru-paru Kira supaya nggak kerja terlalu berat ya. Soalnya kapanpun aku batuk, trus aku nafas pake perut, itu bentuknya berhenti. 

7. Istirahat yang cukup.

8. Makan yang banyak (setelah demam, kakakku itu selalu maksa aku buat makan banyak supaya nggak sakit lagi, alhasil..berat badanku naik setelah sakit dan hampir mati 🤣🤣🤣

9. Selalu ngehirup minyak kayu putih dan meletakkan potongan bawang merah di sebelah bantal (ini sih akal-akalanku sendiri aja ya, boleh ditiru atau enggak nggak masalah. 

10. Ini yang paling penting, jangan panik, jangan berkecil hati, jangan takut dijauhi karna punya covid. 

SARAN UNTUK ORANG ORANG YANG MENGANGGAP ORANG POSITIF COVID ITU NAJIS

1. Jangan seperti itu lah, coba bayangkan ada di posisi mereka.

2. Beri mereka dukungan, jangan dijauhi

3. Bantu mereka kalau kalian bisa (seperti kirim makanan ke mereka, atau kirim vitamin, bahkan kalau tidak bisa bantu doa juga nggak papa)

4. Masih banyak lagi lah, tolong jangan tutup Mata jika kita tahu ada tetangga atau keluarga kita sedang dalam musibah.


Kenapa aku jadi baper sendiri mikirin orang-orang yang takut sama penderita covid. 😑Lanjut lagi ceritanya ya.



Dan akhirnya aku tes lagi..dan hasilnya negatif deh


Hasil tes pcr rumah sakit JIH, hasil tes pcr negatif, surat hasil tes pcr yang diterima untuk penerbangan luar negeri


Tapi sebelumnya aku juga tes antibodi ya..dan ini hasilnya

Hasil tes antibodi, arti hasil tes reaktif antibodi, antibodi reaktif, antibodi nonreaktif


Serius..aku nggak tau ya artinya IgM atau IgG itu apa, tapi yang pasti aku udah punya antibodi buat nih Corona..


Semoga nggak kena covid lagi setidaknya sampai 1 tahun / selamanya (amin..nggak ada salahnya kan berdoa yang baik.. hehehe)


Tetap patuhi protokol kesehatan dan stay safe ya semuanya...bye..assalamualaikum wr wb


 

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman kerja satu tahun jadi PTT di BPJS Kesehatan

Pengalaman kerja di PT Pilar Prima Nusantara ( J&T Express ) sebagai staf Network

Pelajaran dari Pelajaran berharga dari meme "Hanya karna kamu benar bukan berarti aku salah, kamu hanya belum pernah hidup diposisiku)