Pengalaman mendapatkan Relative Visa (Spouse Visa) dari Kedutaan Afrika Selatan

Syarat untuk mendapatkan Spouse Visa/Visa Pasangan (Relative Visa) untuk tinggal di Afrika Selatan


Assalamualaikum..
syarat mendapatkan Relative Visa (Spouse Visa) visa pasangan dari Kedutaan Afrika Selatan



Kali ini saya akan menulis tentang syarat-syarat untuk mendapatkan Relative Visa(Visa Pasangan/ Spouse Visa) untuk tinggal di Afrika Selatan. 

Jadi Relative visa itu ada 4,
1. Relatives Visa (Spouse)
2. Relative's Visa (Brother / Sister)
3. Relative's Visa ( Major Child)
4. Relative's Visa (Minor)

Saya kemarin kan sudah pakai visa kunjungan (berlaku 90 hari setelah kedatangan di afrika selatan, bukan setelah visa terbit).

nah saya harus kembali lagi ke indonesia untuk ngurus ijin tinggal, karena kalau saya over stay nantinya saya nggak bisa kembali ke afrika selatan selama 10 tahun.

Karena saya menikah dengan orang afrika selatan jadi untuk tinggal disana saya harus apply Relative Visa yang visa pasangan,

ini syarat-syaratnya:

1. Passpor/ID Suami di legalisir sama kepolisian afrika selatan

2. Passport  asli saya

3. Buku nikah asli (kemarin saya kirim buku nikah yang punya saya aja, punya suami enggak saya kirim ke kedutaan afrika selatan)

4. Bank statement suami 3 bulan terakhir 

5. Electricity bill air/telepon dari tempat tinggal suami(kalo masih numpang sama orangtua, maka orang tua pasangan kita harus membuat pernyataan resmi melalui south african police service yang menyatakan kalau pasangan kamu memang tinggal bersama orangtuanya dirumah orang tuanya)

6. Guarantee letter/sponsor letter (ini pasangan kamu bisa buat sendiri ditulis tangan dan dia tanda tangan.

7. Tiket pergi ke afrika selatan/tiket pergi saja (sama kaya visit visa ya, cuma bukti booking aja, nggak perlu dibayar dulu)


8. Foto (saya nggak tau ukurannya berapa, 2x3, 3x4, 4x6 print aja semua, soalnya saya kemarin pas kirim dokumen ke kedutaan saya kasih photo saya ukuran  2x3, 3x4, 4x6 masing-masing 2 lembar)

9. Akte Kelahiran saya(Fotocopy)

10. SKCK asli saya (SKCK untuk mencari visa pasangan di kedutaan afrika selatan bisa dicari di polres terdekat tidak perlu ke MABES POLRI (nggak papa kok tujuan di SKCK nya mencari pekerjaan, mereka terima asal 2 bahasa dan SKCK di negara kita sudah 2 bahasa kok)

11. Isi form BI-1738

12. Medical Report (ini agak rumit, kalian bisa lihat penjelasannya di postingan saya yang ini)

13. Radiological Report (ini tidak perlu di lampirkan untuk anak dibawah 12 tahun dan wanita hamil)

14. Biaya visa adalah Rp. 0 atau gratis


Catatan:

Stempel pada seluruh dokumen hanya berlaku 3 bulan. 

Baca jugaBiaya Medical Check Up dan Radiologi untuk Mendapatkan Visa Pasangan Afrika Selatan


Dalam mencari Relative visa (visa pasangan/spouse visa ) di kedutaan afrika selatan ini saya cuma kirim dokumennya kesana, jadi saya nggak kesana secara langsung. dan setelah selesai staf dari kedutaan afrika selatan akan mengirim balik dokumen kita.
kalau ini saya nggak tau ya apakah semua bisa dikirim ke kesana atau kalian harus ke kantor kedutaan secara langsung, dalam kasus saya mungkin pertimbangan mereka saya kemarin sudah kesana pas ngurus visit visa, nggak tau juga.
Dan selama pengurusan visa saya komunikasi dengan salah satu staf kedutaan afrika selatan, jadi lebih mudah.



terimakasih sudah mampir ke blog saya.

Comments

  1. Alhamdullillah lancar ya mba, saya juga apply relative visa ga sampe sebulan jadi ,persyaratan nya pun ga terlalu ribet,klo mba main2 ke capetown ketemuan ya ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok atik...kamu juga kalau main ke johannesburg mampir ya ke tempat ku

      Delete
  2. Hi mbak, itu fotocopy passport suami yg dilegalisir kan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman kerja satu tahun jadi PTT di BPJS Kesehatan

Pengalaman kerja di PT Pilar Prima Nusantara ( J&T Express ) sebagai staf Network

Pelajaran dari Pelajaran berharga dari meme "Hanya karna kamu benar bukan berarti aku salah, kamu hanya belum pernah hidup diposisiku)